Kronologi Pesawat Hercules C-130 Jatuh di Pemukiman Warga Medan

Inilah Kronologi Jatuhnya Pesawat Hercules C-130 Di Pemukiman Warga Di Medan

Sebuah Pesawat Hercules milik TNI AU bernomor C-130 pada Selasa 30 Juni 2015 lalu diberitakan sudah jatuh di Medan pada jam 11. 48 WIB di Jalan Letjen Jamin Ginting, Padang Bulan, kota Medan, propinsi
Sumatera Utara. Yang lebih parah lagi, jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU tersebut jatuh tepat diatas pemukiman. Pesawat itu sendiri jatuh sesudah 2 menit take off dari pangkalan Udara Soewondo, Medan. Pesawat Hercules tersebut merupakan pesawat yang membawa logistik menuju kota Tanjung Pinang dan Natuna, provinsi Kepulauan Riau. Dan belum diketahui secara jelas penyebab dari jatuhnya pesawat milik AU tersebut hingga saat ini.
Pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Medan sendiri sesungguhnya senantiasa melakukan penerbangan yang menjadi kebiasaan tiap-tiap bulannya buat mengangkut logistik ke berbagai daerah. Komandan pangkalan udara Pekanbaru mengatakan bahwa sebelumnya pesawat Hercules C-130 tersebut terbang dari pangkalan udara Abdul Shaleh Malang lalu beristirahat malam di Halim Perdanakusuma Jakarta lalu melanjutkan ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru baru kemudian ke Medan dan akhirnya jatuh.
Menurut sebuah laporan dikatakan kronologi Pesawat Hercules jatuh tersebut diawali dengan take offnya pesawat dari runaway 23 Suwondo. Ketika sedang terbang pilot sebenarnya telah meminta untuk kembali ke landasan, namun tepatnya 2 menit kemudian akhirnya pesawat tersebut berbelok kekanan dan akhirnya mengalami crashed di Pancur Batu sebelum kontak dengan Medan APP.
Menurut informasi warga sekitar yang melihat proses jatuhnya pesawat tersebut mengatakan bahwa sebelum pesawat itu jatuh, ekor pesawat andalan milik TNI AU tersebut terbakar dan sempat beberapa kali berputar di udara. Dan pada akhirnya pesawat itu pun jatuh persis di perumahan Royal Residen, beberapa ruko dan juga hotel.
Sementara itu, menurut KSAU Marsekal Agus Supriatna hanya bisa menganalisis penyebab jatuhnya pesawat ini karena memang secara pasti penyebabnya akan diketahui setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Menurutnya, jatuhnya pesawat Hercules tersebut terdapat 2 kemungkinan yaitu kurangnya kecepatan ketika berbelok sehingga terjadi trouble, dan kemungkinan yang kedua memang ada yang bagian pesawat yang rusak.

Post a Comment

0 Comments